Mengembangkan Penelitian Eksperimen Melalui Digital - Asyafina Survey

Mengembangkan Penelitian Eksperimen Melalui Digital

Mengembangkan Penelitian Eksperimen Melalui Digital- Siapa diantara kalian yang pernah mencoba membuat penelitian tentang eksperimen?

bagaimana penggunaannya apakah sulit ? atau  menyusahkan ? 


iyap penelitian ekperimen sangat sulit dan melelahkan diawal, karena membutuhkan persiapan  yang ekstra. ada salah satu jenis penelitian eksperimen yang populer saat ini lo, apakah itu ?

Penelitian yang dimaksud adalah Randomized Controlled Trials (selanjutnya akan disebut RCT). Metode Penelitian ini merupakan sebuah metode evaluasi dalam mengukur dampak sebuah program atau kebijakan. 

jadi mudahnya kita bikin penelitian namun dengan random antara treatment dan kontrol di sebuah laboratorium. 

kalau sosial berarti laboratoriumnya ya tentunya adalah masyarakat dilapangan. bagaimana sulit kah ? 

Randomized Controlled Trials


Menurut para ahli, RCT merupakan pengukuran dampak yang terbaik sehingga disebut metode dengan predikat gold standard. 

Sebutan tersebut diberikan karena RCT menghasilkan validitas dan reliabilitas yang tinggi dibanding dengan penelitian lainnya.

 Meskipun begitu penerapan RCT tidak mudah, banyak prinsip yang harus ditaati dan dipenuhi. dan tentunya biayanya sangattt mahal bet..


Bagi yang sudah terbiasa dengan penerapan riset eksperimental, mungkin tidak akan kesulitan dalam memahami prinsip RCT.


Prinsip utamanya adalah melakukan randomisasi pada kelompok dengan skala yang sangat besar. 


Tidak hanya randomisasi tetapi terdapat penerapan kontrol eksperimental yang ketat. adapun gambaran mudahnya adalah sebagai berikut


nah mari kita pahami dengan praktek, terdapat dua random/acak assigment atau acak pada 2 group yaitu group treatment dan group control.  keduanya akan menghasilkan kelompok yang adil dalam membandingkan.


jadi kalian akan terbebas dari bias kharakteristika yang berbeda, karena sudah disetting bahwa hasil random/acak memiliki variasi yang sama kedua kelompok tersebut.

biayanya yang mahal dan survei ini sangat sulit dilakukan ketika dilapangan. ada alternatif untuk mengatasi hal tersebut adaah dengan mendesain penelitian tersebut secara online.

Asyafina Survey untuk Eksperimen Survey 



gambar Asyafina Survey



Asyafina survei adalah sebuah platform survey yang mengadopsi teknologi lemesurvey yang dapat dikembangkan untuk survey eksperimen. Platform ini memiliki fitur randomize sehingga akan mudah untuk membuat survei eksperimen yang menarik.

Jika Anda Tertarik join komunitas kami di laman Whatsapps disamping!



Tentang Kami 
Salah satu media pembelajaran agama, dan merupakan Salah satu wakaf produktif dibidang pendidikan. Bermula dari permasalahan belajar agama islam di Era modern melalui sumber tidak terstruktur, Adapun sosial media kami adalah:
email-signup-form-Image

Subscribe

Untuk Tutorial Asyafina Survei Updates