Mencari Template Koesiner online di Asyafina Survey(AS) - Asyafina Survey

Mencari Template Koesiner online di Asyafina Survey(AS)

    Mencari Template Kuesioner online di Asyafina Survey -Kuesioner adalah salah satu hal penting dalam penelitian. Saking Pentingnya bahkan ada yang  bilang Dengan kita membuat kuesioner berarti kita telah masuk tahapan setengahnya dalam penelitian. 

    Kali ini Tim AS akan membagikan tips bagaimana cara mencari kuesioner Template: 


1. Tentukan Teori yang relevan dengan penelitian 

Penelitian yang menggunakan data primer harus mempelajari penelitian sebelumnya dan teori yang digunakan. karena kita dapat menggambarkan konsep penelitian / framework penelitian melalui teory yang telah kita temukan.

maka tahapan ini kita harus sering membaca teori dan keadaan yang ada. sehingga kita akan semakin terbantu dengan adanya paduan penelitian sebelumnya.

Mencari Template Koesiner online di Asyafina Survey(AS):

Mencari Template Koesiner online di Asyafina Survey(AS)'

2. Mencari Kuesionernya melalui Google dengan keyword "Kuesioner Penelitian...."

tips yang kedua adalah mencari melalui mesin pencarian raksasa Google, pencarian ini disesuaikan dengan judul penelitian kita. jika judul penelitian ita terlalu spesifik kita harus sesuaikan ke judul yang lebih umum. 

Mencari Kuesionernya melalui Google dengan keyword "Kuesioner Penelitian...."

Mencari Kuesionernya melalui Google dengan keyword "Kuesioner Penelitian...." karena google akan mencarikan kuesioner sesuai dengan nilai SEO paling tinggi dan relevan untuk kita.



Anda Ingin belajar langsung dengan tim AS sekarang? Kuy janjian langsung : Janjian sekarang  


3. Menggunakan Template Asyafina Survey yang ada 


Menggunakan Template Asyafina Survey yang ada

Asyafina survei menyediakan  fitur Template Kuesioner dengan mengadopsi para peneliti sebelumnya. hal ini dapat memudahkan kita untuk melakukan survei secara cepat. langkah 1 dan 2 sebenarnya dapat diringkas di langkah ke 3 ini jika kalian telah menemukan template yang cocok untuk penelitian kalian.


3. Wording sesuai dengan Konteks penelitian kita

    jika kita menemukan kuesioner dengan pdf maupun template di asyafina survei kita perlu wording ulang sesuaikan dengan konteks penelitian kita. hal ini penting karena bahasa ini dapat mempengaruhi hasil riset kita. apabila ada typo dan tidak sesuai dengan konteks dan isi penelitian kita. 

4. Lakukan Uji Validitas dan Uji Reabilitas koesiner yang Telah di Buat

    Uji Validitas dan reliabilitas pada kuesioner penting dilakukan karena hal ini memberikan tingkat validitas (setiap indikator pertanyaan valid) dan reliabel (dapat diaplikasikan dimana saja dan kapan saja). tentunya kita butuh alat statistika untuk menghitung dan tes uji validitas dan reabilitas ini.

5. Daftarkan Kuesioner dan proposal penelitian di Komite Etik/ Lembaga Etik

    Biasanya penelitian yang mengharuskan publikasi di jurnal yang bereputasi memberikan syarat surat dari komite etik dan lembaga etik untuk melihat apakah kuesionernya layak untuk dipertahankan sesuai dengan etika akademik. 




 




email-signup-form-Image

Subscribe

Untuk Tutorial Asyafina Survei Updates