Kelebihan Data Primer dibanding Data sekunder - Asyafina Survey

Kelebihan Data Primer dibanding Data sekunder

kelebihan data primer dibanding data sekunder- Kali ini Tim Asyafina Survey akan menjelaskan Beberapa kelebihan dari data primer dibanding dengan penggunaan data sekunder di Indonesia.

Kelebihan Data Primer dibanding Data sekunder


Topik dan Data Lebih Fleksibel


Dengan menggunakan data primer kita akan lebih fleksibel dalam menentukan apa topik penelitian kita, sehingga ketika kita menginginkan topik yang mungkin unik dan sensitif itu bisa terjadi karena kita sendiri yang menentukan apa Pertanyaan pada kuesioner nya. tentunya melewati kode etik akademik ya...


Data Primer Akan Lebih Akurat Sekunder


 argumen ini bisa saja terjadi ketika kita menggunakan data primer untuk penelitian yang bersifat eksperimen. hasil dari eksperimen katanya akan lebih ih akurat dibanding dengan data sekunder. karena data tetap berapa menghilangkan biasa akibat dari variabel kontrol yang tidak random.


Kuasa Dalam Kebijakan Pengelolaan Data


 peneliti yang berhasil mendapatkan data primer memiliki wewenang untuk menyebarluaskan data tersebut atau   tidak menyebarluaskan ke masyarakat secara umum. karena peneliti memiliki kuasa dan andil dalam kontribusi pengumpulan data secara penuh.


 Data Bersifat up to date


   Salah satu kelebihan dari data primer ini adalah data dapat bersifat Up to date. karena kita bisa menentukan kapan saja kita akan melakukan survei di lapangan. kita tidak perlu menunggu  Menurunnya trend pada masyarakat.


Eksperimen adalah kunci menumpas bias


Penelitian eksperimen sangat dekat dengan data primer, karena  penelitian ini mengharuskan kita untuk pengambilan data secara langsung kepada masyarakat. tentu ada 1 metode yang Menjadi trending pada pemenang Nobel sekarang. mereka Menggunakan metode RCT(eksperimen) dalam pengentasan kemiskinan. Peneliti Juga berhak untuk memutuskan desain, metode, dan teknik analisis data mana yang akan digunakan.


Fleksibel dalam mengatur biaya penelitian


Salah satu kelebihan dari data primer sendiri itu ada anak kita bisa lebih fleksibel mengatur biaya penelitian dalam pengumpulan data. karena pengumpulan data bisa kita atur mulai dari biaya murah sehingga biaya yang mahal.  kita tahu data sekunder di Indonesia sangat lah mahal silahkan cek di silastik BPS untuk membeli data 

Silastik BPS







email-signup-form-Image

Subscribe

Untuk Tutorial Asyafina Survei Updates